Komplek Perguruan Muhammadiyah Cabang Kebayoran Lama

SMA Muhammadiyah 18 Jakarta

PELOPOR DAN PELANGSUNG PENYEMPURNA AMANAH

Rabu, 19 Maret 2014

Agenda rutin Kultum mulai diintensifkan


Kehidupan berorganisasi khususnya Muhammadiyah selalu memberikan sebuah ultimatum yang membawa kepada kebaikan, kebaikan tersebut diberikan dengan banyak cara salah satunya dengan pengamalan pengamalan yang disisipkan dalam suatu kegiatan salah satunya dalam SMA Muhammadiyah 18 Jakarta.

Satu tahun lalu agenda kultum antar kelas yang menjadi rutinitas ini masih belum dicetuskan oleh beberapa pihak, dalam hal ini agenda kultum juga belum sempat terpikirkan oleh kami selaku pimpinan IPM, kemudia menjelang tahun ajaran baru yaitu kurikulum 2013 inilah, sebuah perencanaan muncul yaitu dengan membuat agenda rutin yang nantinya akan diselenggarakan sehabis shalat dzuhur berjamaah.

Awalnya agenda ini hanya terselenggarakan oleh kami selaku pimpinan ranting, artinya kami menjadi media dakwah dan sebagai penceramah, kemudia seiring berjalannya agenda ini, kemudia mulai adanya pendapat oleh sejumlah pihak yaitu menjadikan kegiatan ini diperuntukan untuk siswa/i SMA Muhammadiyah 18 jakarta.
Sejak munculnya perencanaan tersebut dan mulai diterapkan akhirnya kegiatan rutin tersebut mulai digemari beberapa kelas, karena agenda tersebut adalah pergiliran kelas, maksudnya adalah masing - masing kelas memberikan perwakilan kelas untuk kultum seusai shalat dzuhur berjamaah, perwakilan kelas masing masing kelas adalah empat orang dan setiap hari diisi oleh satu orang penceramah.

Setelah rutinnya agenda tersebut munculah beberapa saran dari PCM dan Majlis yaitu untuk mengkreasikan lebih lanjut agenda tersebut pada tahun ajaran berikutnya, pengkreasian tersebut adalah dengan membuat kultum 3 bahasa yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Semoga saja perencanaan berikutnya dalam terealisasikan dengan baik sehingga menciptakan Anggota IPM semakin berilmu dan terampil.

1 komentar:

Berikan tanggapan tentang postingan kami