Komplek Perguruan Muhammadiyah Cabang Kebayoran Lama

SMA Muhammadiyah 18 Jakarta

PELOPOR DAN PELANGSUNG PENYEMPURNA AMANAH

Minggu, 06 Juli 2014

Pandangan Muhammadiyah mengenai Pilpres 2014

Saat ini Indonesia tengah ramai - ramainya dengan pemilihan presiden terutama media saat ini, hal ini menimbulkan semakin banyaknya isu yang berkembang disejumlah masyarakat, diantaranya adalah mengenai kebaikan dan keburukan calon presiden dan calon wakil presiden kita, padahal berita tersebut belum tentu benar adanya.


Selain itu dengan memanasnya kampanye antara kedua capres dan cawarpres juga menimbulkan banyaknya pengelompokan yang terjadi di kalangan masyarakat, hal inilah yang harus ditindak lebih lanjut karena akan berdampak buruk bagi Indonesia.

Seiring dengan berlangsungnya kampanye pilpres Muhammadiyah memiliki pandangan tersendiri mengenai pilpres 2014, dalam pandangan Muhammadiyah menanggapi pilpres ini akhirnya Muhammadiyah mengeluarkan "Maklumat Kebangsaan Dalam Menghadapi Pemilihan Presiden 2014", maklumat bernomor 03/MLM/I.0/B/2014 ini berisikan tentang pandangan - pandangan Muhammadiyah dalam menghadapi pilpres, poin - poin penting lainnya diantaranya adalah mengenai kriteria - kriteria pemimpin yaitu sebagai berikut:

  1. Berjiwa Relijius, taat beribadah dan berintegritas tinggi, sejalan antara kata dan perilaku
  2. Memiliki Visi dan karakter kuat sebagai negarawan, yang mampu membangun solidaritas kebangsaan, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas diri sendiri, partai politik, dan kroni.
  3. Berani mengambil keputusan strategis dalam memecahkan masalah - masalah krusial bangsa dengan tetap menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian yang adil dan beradab.
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, tegas dalam melakukan permberantasan korupsi, penegakkan hukum, serta penyelamatan asset dan kekayaan negara.
  5. Menjaga kewibawaan dan kedaulatan nasional dari berbagai ancaman dari dalam dan di luar negeri.
  6. Memiliki strategi perubahan yang membawa pada kemajuan bangsa
  7. Berkomitmen terhadap aspirasi politik umat islam dan mewujudkan Indonesia yang berkemajuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan tentang postingan kami