Komplek Perguruan Muhammadiyah Cabang Kebayoran Lama

SMA Muhammadiyah 18 Jakarta

PELOPOR DAN PELANGSUNG PENYEMPURNA AMANAH

Sabtu, 17 Mei 2014

Majlis - majlis dalam Muhammadiyah

Muhammadiyah adalah sebuah organisasi gerakan dakwah amal ma'ruf nahi munkar yang berlandaskan Al Qur'an dan Al Hadist. Artinya dalam pelaksanaannya Muhammadiyah menjadi penggerakan dakwah dilingkungan sekitarnya. Akan tetapi tidak hanya sampai situ saja, Muhammadiyah telah berkembang sangat pesat dan saat ini telah menjadi organisasi terbesar di Indonesia. Hal ini membuat Muhammadiyah membuat banyak percabangan organisasinya yang masing - masing memiliki peran penting tersendiri akan tetapi masih memiliki maksud dan tujuan yang sama yaitu menegakkan dan menjunjung tinggi perintah ajaran Agama Islam.

Salah satu organisasi percabangan dari Muhammadiyah adalah sebuah Majlis, Majlis dalam Muhammadiyah dimaksudkan untuk membantu Muhammadiyah dalam perlaksanaan peryarikatan khususnya penyelenggara peryarikatan, program dan kegiatan yang dilaksanakan disesuaikan dengan kebijakan pimpinan setempat masing - masing, saat ini Majlis dalam Muhammadiyah sebanyak 13  Majlis yaitu :


Fungsi
penyampai dakwah dalam ideologi muhammadiyah

Rencana Strategis 
Meningkatkan kuantitas dan kualitas peran Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah kemasyarakatan yang berpengaruh langsung dalam menciptakan masyarakat Islami sebagai perwujudan dari partisipasi aktif Muhammadiyah dalam pembangunan umat dan bangsa untuk mencapai tujuan Muhammadiyah.


Fungsi       
Menghidupkan trjih, tajdid, dan pemikiran Islam dalam Muhammadiyah sebagai

Rencana Strategis
Menghidupkan trjih, tajdid, dan pemikiran Islam dalam Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharuan yang kritis-dinamis dalam kehidupan masyarakat dan proaktif dalam menjalankan problem dan tantangan perkembangan sosial budaya dan kehidupan pada umumnya sehinggan Islam selalu menjadi sumber pemikiran, moral, dan praksis sosial di tengah kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang sangat kompleks.

Fungsi
meningkatkan mutu pendidikan di perguruan tinggi muhammadiyah


Fungsi
Meningkatkan mutu pendidikan sekolad dasar dan menengah


Fungsi
Membina dan meningkatkan pendidikan kader muhammadiyah

Rencana Strategis
Membangun kekuatan dan kualitas pelaku gerakan serta peran dan ideologi gerakan Muhammadiyah dengan mengoptimalkan sistem kaderisasi yang menyeluruh dan berorientasi ke masa depan.


Fungsi
Mensejahterahkan kesehatan masyarakat

Rencana Strategis
Mengembangkan dan memperluas kekuatan basis gerakan Muhammadiyah yang terletak pada pusat “Penolong Kesengsaraan Oemoem” sehingga menjadi tenda besar bagi pelayanan dan keberpihakan sosial Muhammadiyah secara terpadu dan lebih luas.


Fungsi
Mengembangkan kegiatan pemberdayaan serta mendorong proses transformasi sosial dalam masyarakat


Fungsi
Mentata kehartabendaan dan kekayaan sarana dan prasarana masyarakat

Rencana Strategis
Terciptanya kehidupan sosial ekonomi umat yang berkualitas sebagai benteng atas problem kemiskinan, keterbelakangan, dan kebodohan pada masyarakat bawah melalui berbagai program yang dikembangkan Muhammadiyah.


Fungsi
Meningkatkan kehidupan ekonomi yang berkualitas


Fungsi
Mengembangkan budaya pustaka dan infomasi yang modern


Fungsi
Pengkajian hukum dan HAM 


Fungsi
Memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat


Fungsi
Menyadarkan dan memberdayakan lingkungan dikalangan masyarakat






0 komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan tentang postingan kami